RAIDER KHUSUS 744/SYB


Kamis, 09 April 2015

SATGAS PAMTAS RI-RDTL SEKTOR BARAT YONIF 744/SYB MELAKSANAKAN PENGOBATAN MASSAL KEPADA MASYARAKAT PERBATASAN KORBAN BENCANA BANJIR BANDA DI DESA METAMAUK


Hujan deras yang terjadi di beberapa daerah Kabupaten Malaka mengakibatkan bencana alam banjir banda yang melanda Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur Kabupaten Malaka akibat dari luapan Sungai babulu-Metamauk yang terjadi beberapa hari lalu,  kejadian ini mendorong Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 744/SYB dibawah pimpinan Dansatgas Letkol Inf Yudi Gumilar, S.Pd. untuk membantu memberikan bantuan sosial berupa pelayanan pengobatan masal gratis yang berlangsung dilokasi bencana.



Pelaksanaan kegiatan pengobatan massal dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 07 April 2015 pukul 07.00 Wita bertempat di SDN Metamauk. kegiatan yakni selain pelayanan pengobatan massal juga dilakukan penanaman pohon, memberikan pendidikan pola hidup sehat dan pembagian bingkisan berupa buku tulis bagi para siswa di  SD setempat.



Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 744/SYB Sektor Barat Letkol Inf. Yudi Gumilar, S.Pd. pada kesempatan itu kepada wartawan mengemukakan bahwa para Prajuritnya dalam melaksanakan tugas Militer selain perang yakni memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan terutama saat terjadi bencana alam seperti banjir banda dan juga melakukan kegiatan bhakti sosial salah satunya penanaman pohon (penghijauan) pendidikan pola hidup sehat bagi anak sekolah serta bantuan lain yang bisa disumbangkan oleh pihaknya untuk para siswa sekolah dasar.



Dalam kesempatan itu, anggota DPRD Malaka Baltazar Manek dalam arahannya meminta agar masyarakat memanfaatkan kesempatan itu untuk berobat karena wilayah tersebut belum lama ini dilanda bencana banjir sehingga masyarakat yang menderita penyakit akibat dari bencana itu dapat terbantu melalui pengobatan massal yang dilakukan oleh pihak TNI.Dirinya juga meminta agar masyarakat perlu menjaga alam dengan tidak merusak atau secara sembarangan menebang pohon apalagi yang terletak disekitar aliran sungai karena akan berdampak pada bencana longsor.



Kepala Desa Alas Selatan Adam Ch. dan Tokoh mayarakat Maternus Bere menyambut baik kegiatan yang digelar Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 744/SYB dengan pengobatan massal dimana masyarakat merasa terbantu karena belum lama ini wilayah tersebut terjadi bencana banjir sehingga penyakit yang diderita masyarakat dapat terobati yang terlihat antusias masyarakat memadati tenda sebanyak 500-an orang dengan hasil diagnogsa cendrung para pasien mengalami nyeri tulang dan lambung.  Tim kesehatan satgas dibawah pimpinan dokter Satgas Letda ckm dr Hidayatullah filman  yang beranggotakan tujuh prajurit berkualifikasi perawat dan dibantu 3 orang dokter sipil beserta para perawatnya, menyiapkan beberapa tempat dengan satu tenaga medis di setiap tempat untuk mengantisipasi jumlah peserta pengobatan yang cukup banyak.



Turut hadir pada kesempatan itu, Anggota DPRD Malaka Baltazar Manek, Dandim 1605 Belu Letkol Inf. Moh. Nanang Nazmudin, Pastor Paroki Alas, Kapolsek  Kobalima dan Malaka Tengah, Danramil Kobalima dan masyarakat Metamauk.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar