RAIDER KHUSUS 744/SYB


Jumat, 06 Juni 2014

LATIHAN UJI SIAP TEMPUR (UST) TINGKAT PELETON BATALYON 744/SYB TA. 2014



Batalyon Infanteri 744/SYB melaksanakan upacara pembukaan Uji Siap Tempur (UST) tingkat peleton  dipimpin oleh Danyonif  di lapangan markas Yonif 744/SYB. Pagi itu tampak ramai dipenuhi ratusan pria berpakaian loreng yang berbaris rapi dalam beberapa kelompok. Mereka terlihat begitu bersemangat. Berdiri tegap memangku senjata laras panjang dan menyandang ransel dipunggungnya. Latihan Uji Siap Tempur tingkat Peleton di Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto timur, Kabupaten Belu, diselenggarakan selama 4 hari 3 malam.



 



Kegiatan Uji Siap Tempur (UST) tingkat Peleton ini dilaksanakan mulai Tanggal 3 Juni – 6 Juni 2014 diikuti oleh 714 prajurit Yonif 744/SYB dengan menggunakan daerah latihan wodemu komplek. Komandan Batalyon 744/SYB Letkol Inf Yudi Gumilar, S.Pd. secara resmi membuka latihan Uji Siap Tempur  di Lapangan Batalyon 744/SYB. Dalam sambutannya, Komandan Batalyon menyampaikan latihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme dan menguji kemampuan prajurit antar peleton yang ada di tiap-tiap Regu dalam menghadapi setiap serangan dari musuh.
Komandan mengungkapkan dengan latihan ini diharapkan kerjasama antar Peleton dapat tercipta dan mampu mengimplementasikan tugas masing-masing secara terintegrasi antara peleton satu dengan lainnya, sehingga terdapat kesinergian atau keselarasan dalam melaksanakan tugas.
Selain itu juga bertujuan untuk melaksanakan Proglatsi, serta mengetahui tingkat keberhasilan latihan baik secara perorangan maupun kelompok dalam hubungan organisasi tugas, sehingga diperoleh kesiapan operasional satuan yang tinggi dalam menghadapi tugas pokok satuan.






Meningkatkan kemampuan komoditi Peralatan meliputi kendaraan, senjata dan munisi yang terdapat dalam Peleton serta menguji kemampuan perorangan dalam jabatannya  dari aspek taktik dan tehnik tempur serta kerjasama / kekompakan satuan untuk melaksanakan tugas. Dengan latihan yang dilaksanakan agar personel mahir melaksanakan materi taktik tingkat peleton dalam tugas tempur, diperolehnya data kesiapan tempur satuan tingkat peleton dan data kemampuan satuan serta terukurnya hasil pembinaan latihan yang telah dilaksanakan dalam rangka penyelenggaraan pelatihan selanjutnya.





Agar tujuan maupun sasaran dapat tercapai maka dalam UST kali ini akan diujikan berbagai materi antara lain meliputi pergeseran Pasukan, Pengamanan Instalasi, Pengamanan Rute Perbekalan Utama, Penyekatan, Pengintaian, Pengejaran dan Serbuan dalam Operasi Lawan Insurjensi. Ditekankan agar seluruh peserta melaksanakan materi yang diujikan dengan serius dan sungguh-sungguh sesuai spesialisasi bidang dan tugasnya masing-masing.
Selain itu, agar diperhatikan faktor keamanan baik personel maupun materiil yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Dihindari seminimal mungkin kerugian masyarakat sekitar daerah latihan akibat dari kecerobohan maupun keteledoran Prajurit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar